Selasa, 14 Juli 2015

Komponen Multimedia Interaktif

Green & Brown dalam Martiningtyas (2012) mengemukakan bahwa multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari :
1        Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh : Times New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran, dan warna. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka makin tampak besar ukuran huruf tersebut.

2        Grafik
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi, atau pun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang di pintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video, dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
3        Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh : narasi, lagu, sound effect, back sound.
4        Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur di dalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih memperikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.
Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan  satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
Adapun menurut Waryanto (2008), multimedia interaktif memuat beberapa komponen yaitu teks, audio, gambar, animasi, video. Komponen-komponen yang terdapat dalam multimedia interaktif tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan.
1        Teks
Kelebihan penggunaan teks dalam multimedia pembelajaran antara lain:
1)      Teks dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang padat (condensed).
2)      Teks dapat digunakan untuk materi yang rumit dan kompleks seperti rumus-rumus matematika atau suatu proses yang panjang.
3)      Teknologi untuk menampilkan teks pada layar komputer relatif  lebih sederhana dibandingkan teknologi untuk menampilkan media lain. Konsekuensinya media ini juga lebih murah dibandingkan media-media lain.
4)      Sangat cocok sebagai media input maupun umpan balik (feedback).
Kelemahan media teks adalah kurang kuat bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi selain itu mata cepat lelah ketika harus menyerap materi melalui teks yang panjang dan padat pada layar komputer.
2          Audio
Kelebihan penggunaan media audio dalam multimedia pembelajaran, yaitu :
1)      Sangat cocok bila digunakan sebagai media untuk memberikan motivasi.
2)      Untuk materi-materi tertentu suara sangat cocok karena mendekati keadaan asli dari materi (misal pelajaran mengenai suara-suara binatang).
3)      Membantu pembelajar fokus pada materi yang dipelajari karena pembelajar cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain yang menuntut konsentrasi.
Kelemahan media audio antara lain memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer serta memerlukan software dan hardware yang spesifik agar suara dapat disampaikan melalui komputer.
3          Gambar
Kelebihan media gambar antara lain lebih mudah dalam mengidentifikasi objek-objek, lebih mudah dalam mengklasifikasikan objek, mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu objek, serta membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
4          Animasi
Manfaat animasi dalam multimedia pembelajaran antara lain yaitu :
1)      Menunjukkan objek dengan idea (misal efek gravitasi pada suatu objek).
2)      Menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan ke dalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik).
3)      Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkret (misal menjelaskan arus bolak balik dengan bantuan animasi grafik sinus yang bergerak).
4)      Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosesural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
5          Video
 Kelebihan-kelebihan penggunaan video dalam multimedia pembelajaran adalah :
1)      Memaparkan keadaan riil dari suatu proses, fenomena, atau kejadian.
2)      Sebagai bagian terintegritas dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya pemaparan.
3)      Pengguna dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi.
4)      Sangat cocok untuk mengajarkan materi dalam ranah perilaku atau psikomotor.
5)      Kombinasi video dan audio dapat lebih efektif dan lebih cepat menyampaikan pesan dibandingkan media teks.
6)      Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural.

Sedangkan kelemahan video yaitu memungkinkan terjadi kehilangan detil dalam pemaparan materi karena siswa harus mampu mengingat detil dari scene ke scene. Selain itu umumnya pengguna menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan melalui teks sehingga pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam berinteraksi dengan materi.

Sumber:
Martiningtyas, N. 2012. Pengertian Multimedia Interaktif. http://nining.dosen. narotama.ac.id/2012/02/06/pengertian-multimedia-interaktif//. Diakses 10 Oktober 2012.
Waryanto, N. H. 2008. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Makalah disampaikan pada kegiatan Diktat Guru SMK Muhammadiyah 3 Klaten. Yogyakarta, 15 & 21 Mei 2008.

Maksi Klaping Maubuthy

Author & Editor

...........................................................................................