Selasa, 14 Juli 2015

Karakteristik Multimedia Interaktif

Hallo Sobat MarkIt, kali ini postingan kami tentang karakteristik multimedia. Silahkan disimak untuk yang sedang membutuhkan. Kami memberikan referensi juga lho jika sobat ingin mencari lebih lanjut.
Gerlach & Ely (Azhar Arsyad, 2011) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu (atau kurang efisien) melakukannya yaitu:
1.      Memiliki Ciri Fiksatif (Fixative Property).
Menggambarkan media dapat merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek dan disamping itu dapat memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada suatu waktu tertentu ditransportasikan tanpa mengenal waktu.

2.      Memiliki Ciri Manipulatif (Manipulative Property).
Ciri manipulatif yaitu media dapat mempercapat atau memperlambat menyajikan suatu kejadian kepada peserta didik.   
3.      Memiliki Ciri Distributif (Distributive Property).
Ciri distributif dimaksudkan bahwa media dapat memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar peserta didik dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu.
Adapun Bambang Warsita (2008) menyatakan bahwa multimedia interaktif memiliki karakteristik diantaranya adalah: (1) dapat digunakan secara acak, disamping secara linier; (2) dapat digunakan sesuai dengan keinginan peserta didik, disamping menurut cara seperti yang dirancang oleh pengembangnya; (3) gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman peserta didik, relevan dengan kondisi peserta didik, dan di bawah kendali peserta didik (user); (4) prinsip-prinsip teori belajar kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan pemanfaatan bahan pembelajaran; (5) belajar dipusatkan dan diorganisasikan menurut pengetahuan kognitif sehingga pengetahuan terbentuk pada saat digunakan; (6) bahan belajar menunjukkan interaktivitas peserta didik yang tinggi; dan (7) sifat bahan yang mengintegrasikan kata-kata dan contoh dari banyak sumber media.
Selanjutnya menurut Daryanto (2013), karakteristik multimedia pembelajaran antara lain : (1) memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual; (2) bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasikan respon pengguna; (3) bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

Jadi berdasarkan pemaparan tentang karakteristik multimedia interaktif dapat diketahui bahwa suatu multimedia interaktif harus dapat merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek suatu waktu tertentu ditransportasikan tanpa mengenal waktu, dapat melayani kecepatan belajar individu dan memberikan kemudahan dalam belajar tanpa bimbingan dari orang lain,  memberikan kebebasan dalam memilih materi mata pelajaran sesuai dengan yang dikehendaki oleh pengguna, bersifat interaktif yang mampu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan respons, dan melakukan berbagai aktivitas yang akhirnya juga bisa direspons balik oleh program multimedia dengan suatu balikan atau feedback, dan memiliki kemampuan dalam membangkitkan rangsangan indera.

Referensi:
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.


Maksi Klaping Maubuthy

Author & Editor

...........................................................................................