Rabu, 18 Januari 2017

Terminologi Computer Based Instruction (CBI)

Penggunaan teknologi pembelajaran dalam proses pembelajaran memiliki beragam manfaat. Beberapa alasan penggunaan teknologi dalam pembelajaran seperti yang dipaparkan Roblyer (2006) antara lain untuk memotivasi siswa, untuk meningkatkan proses pembelajaran, membuat siswa dan guru bekerja lebih produktif, membantu siswa belajar dan mempetajam keterampilan era informasi mereka. Salah satu teknologi yang kerap digunakan adalah komputer.
Sejak tahun 1950an penggunaan komputer mulai diperluas ke dalam dunia pendidikan. Pegiat teknologi pemdidikan mulai mengembangkan program penggunaan komputer dalam pengajaran yang dikenal dengan istilah computer-based instruction (CBI) untuk melatih, mengajar, menguji siswa, dan untuk mengatur program pembelajaran. Pengertian CBI itu sendiri menurut Criswell (1989) adalah penggunaan komputer untuk menyajikan materi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dan merespon aktivitas peserta didik. Pendapat lain dikemukakan oleh Kemp & Dayton (1985) sebagai berikut.
Computer Based Instruction refers to any application of computer technology to the instructional process. It includes using a computer to present information, to tutor a learner, to provide practice for developing a skill, to simulate a process which is being studied, and manipulate to solve problem.

Jadi istilah computer based instruction (CBI) umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana peserta didik dapat berinteraksi dengannya. Sistem komputer menyajikan serangkaian program pengajaran kepada peserta didik baik berupa informasi maupun latihan soal untuk  mencapai tujuan pengajaran tertentu dan peserta didik melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer.
Terdapat beragam terminologi berkaitan CBI diantaranya computer-assisted instriction (CAI), computer-aided instruction (CAI), computer-based learning (CBL), computer-assisted learning (CAL), dan instilah-istilah lainnya. Termiologi ini masih dalam perdebatan karena berbagai peneliti mengartikan hal tersebut secara berbeda-beda. Salah satu pengertian yang umum ditemukan adalah CAI (computer-assisted learning) dikonotasikan sebagai pendekatan belajar terprogram yang tujuan pendidikannya diraih melalui pengajaran langkah demi langkah. Seringkali CAI diartikan sebagai komputer yang menyampaikan informasi pada siswa. CAI menuntun siswa untuk menggunakan komputer di kelas baik dalam hal tutorial software maupun drill and practice, sedangkan CBI (computer-based instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi kepada siswa. Perbedaan yang mendasar terdapat pada proses pembelajarannya. Pada CAI (computer-assisted learning) peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya beperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi, sedangkan pada CBI komputer menjadi pusat pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media utama yakni komputer.
Adapun Kulik & Kulik (1991) memandang CBI lebih luas cakupannya dibandingkan dengan CAI (computer-assisted learning). Kulik & Kulik (1991) membagi tipe kelompok CBI sebagai berikut.
1.      Computer-assisted instruction (CAI), dimana komputer menyediakan drill-and-practice exercises tetapi bukan materi yang baru, atau tutorial instruction yang memuat materi yang baru.
2. Computer-managed instruction (CMI), dimana komputer mengevaluasi kinerja siswa, membimbing siswa kepada sumber pembelajaran yang cocok, dan terus mencatat proses siswa.

3.   Computer-enriched instruction (CEI), dimana (a) komputer berlaku sebagai sebuah problem solving tool, (b) menggeneralisasikan data sesuai permintaan siswa untuk mengilustasikan hubungan suatu model, (c) mengeksekusi program yang dikerjakan oleh siswa.

Referensi:
Criswell, E. L. (1989). The Design of Computer Based Instruction. New York:  Macmillan Publishing Company
Kemp, J. E. & Dayton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media.  New York: Harper & Row Publisher Cambridge
Roblyer, M. D. (2006). Integrating Educational Technology into Teaching 4th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kulik & Kulik, nyari sendiri yah, itu jurnalnya gratis.

Maksi Klaping Maubuthy

Author & Editor

...........................................................................................