Selasa, 04 Agustus 2015

Herakleitos




Riwayat Hidup :
Herakleitos lahir pada tahun 550 SM di Efesus dan meninggal pada tahun 480 SM. Beliau adalah seorang filsuf yang tidak tergolong aliran apapun. Di dalam tulisan-tulisannya, ia justru mengkritik dan mencela para filsuf dan tokoh-tokoh terkenal, seperti Homerus, Arkhilokhos, Hesiodos, Phythagoras, Xenophanes, dan Hekataios.

Herakleitos diketahui menulis satu buku, namun telah hilang. Yang tersimpan hingga kini hanya 130 fragmen yang terdiri dari pepatah-pepatah pendek yang seringkali tidak jelas artinya. Pemikiran filsafatnya memang tidak mudah dimengerti sehingga ia dijuluki "si gelap" (dalam bahasa Inggris the obscure).

Pemikiran/Pemikiran :

Herakleitos mengajarkan bahwa setiap saat segala sesuatu yang ada di alam ini selalu berubah, segala sesuatu itu mungkin mengalir, bergerak melingkar maupun lurus beraturan; pokoknya tidak ada satu benda pun yang tetap. Herakleitos pernah berkata : “seseorang tidak dapat melangkahkan kakinya dua kali di atas sungai yang sama.” Karena setiap waktu air mengalir di sungai tersebut selalu mengalir, maka setiap melangkah senantiasa dijumpai sungai dengan air yang berbeda.

Maksi Klaping Maubuthy

Author & Editor

...........................................................................................