Selasa, 14 Juli 2015

Pengertian Multimedia Interaktif

Hallo sobat MarkIt, kali ini kami akan membahas tentang pengertian multimedia. Kata multimedia secara etimologis berasal dari kata multi dan kata  media. Sobat tentu sudah tahu bahwa kata multi artinya banyak atau bermacam-macam, lalu apa itu media? 
Ternyata kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Nah, jadi multimedia artinya banyak perantara atau banyak pengantar, gitu?  Tidak semudah itu mengartikannya Ferguson. Untuk mendapatkan pengertian yang lebih jelas, mari kita simak pendapat ahli tentang kata media terlebih dulu.
1.      Menurut Asssociation of Education and Communication Technology (AECT), media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.
2.      Menurut Gagne, media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
3.      Menurut Briggs, media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
4.      Menurut National Education Association (NEA), media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual seta peralatannya. Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar, dan dibaca.

      Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Jadi sobat MarkIt, multimedia secara sederhana didefinisikan lebih dari satu media, media ini bisa berupa kombinasi antara teks, grafik, animasi, suara dan video. 

Lebih lanjut definisi multimedia menurut beberapa ahli antara lain :
  1.  Menurut Turban, multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
  2. Menurut Robin dan Linda, multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.
  3. Menurut Hofstetter, multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, sdan berkomunikasi.
  4. Menurut Wahono, multimedia adalah  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik.
  5. Menurut Zeembry, multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi. Selanjutnya multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan integrasi berbagai media berupa teks, gambar, sound, animasi, video, interaksi yang umumnya telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.
Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak  dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioprasikan oleh pengguna sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioprasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Jadi bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka media ini disebut multimedia interaktif.
Jika sobat MarkIt ingin mendalami lebih jauh, sobat bisa membaca dari referensi di bawah ini.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, S. B., Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Martiningtyas, N. 2012. Pengertian Multimedia Interaktif. http://nining.dosen. narotama.ac.id/2012/02/06/pengertian-multimedia-interaktif//. Diakses 10 Oktober 2012.
Sadiman, A. S., Raharjo., Anung H., dan  Rahardjito. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Maksi Klaping Maubuthy

Author & Editor

...........................................................................................