Kamis, 30 Agustus 2012

Pencemaran Air

PENCEMARAN AIR


Air merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan kita. Air yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya minum, mandi dan keperluan mencuci. Air tersebut harus memenuhi syarat kesehatan. Air yang mengandung bakteri patogen atau zat-zat terlarut lainnya dapat berakibat buruk pada kesehatan. Hal ini dapat terjadi bila sanitasi lingkungan kurang baik. Bila air tanah dan air permukaan tercemar kotoran, maka akan tersebar ke sumber air yang dipakai untuk keperluan rumah tangga. Air juga dapat dicemari oleh logam-logam berat yang bersifat racun atau karena kandungan ion besi dan mangan yang tinggi.
Penggunaan air yang berkualitas kurang baik seperti itu untuk dikonsumsi, dalam jangka pendek, dapat mengakibatkan muntaber, diare, kolera, tipus dan disentri. Dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit keropos tulang, kerusakan gigi, kerusakan ginjal dan hati. Penggunaan air yang berkualitas kurang baik untuk keperluan mandi maupun mencuci juga berakibat langsung pada kesehatan mata dan kulit. Kuman kudis, kurap dan borok dapat mudah disebarkan melalui air yang tidak sehat. Kulit dapat mengalami iritasi, kering, kusam dan kehitaman.
Makanan yang kita makan  juga dapat terkontaminasi akibat peralatan dapur/makan yang dicuci dengan air yang tercemar.Dalam kehidupan sehari-hari, banyak ditemukan air yang tercemar baik itu karena perbuatan manusia maupun karena aktivitas organisme lainnya di muka bumi ini. Oleh karena itu, hal-hal mengenai air yang tercemar harus menjadi salah satu pengetahuan yang diketahui setiap orang.
      For More : Click Here

Markus Maubuthy

Author & Editor

...........................................................................................